Madrasah Ulumul Qur'an Pagar Air didirikan oleh mantan gubernur Aceh,Alm.Prof.Dr.Ibrahim Hasan,MBA pada tahun 1989 di Banda Aceh-Indonesia.


Ide awal mendirikan Islamic Boarding School ini dilatarbelakangi oleh minimnya para 'hufadh" atau para penghafal Quran di Aceh saat ini, terutama ketika ada event Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ), ditingkat Nasional.

Kini, lembaga ini telah tumbuh dengan pesat, disamping mendidik para penghafal quran, lembaga ini juga mendidik para murid dalam sistem pendidikan nasional, yaitu Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah. Dari beberapa beberapa generasi Lembaga ini telah melahirkan sejumlah para penghafal qur'an, yang saat ini telah berkarir disemua bidang, baik pemerintahan maupun swasta. Selain itu alumni madrasah ini juga telah melanjutkan pendidikan dan menjadi pendidik di berbagai perguruan tinggi baik di Indonesia maupun diluar negeri.

Dalam gambar di atas terlihat para alumni mulai dari generasi tua sampai generasi muda, dalam sebuah silaturrahmi di Mesjid Ajun Banda Aceh. Semoga lembaga ini terus sukses dan melahirkan genarasi muda yang menjadi pemimpin-pemimpin dalam membangun peradaban Islam kembali jaya.